Juni 15, 2024

Semarakkan HUT Ke-59 Kowal, Srikandi Laut Lanal Sabang Uji Kemampuan Menembak

Spread the love

Loading

Sabang,– MCN.com –Berdasarkan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa dalam rangka memperingati HUT Ke-75 agar seluruh Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) dimanapun berada dan betugas agar melaksanakan latihan menembak pistol.

Menindaklanjuti hal tersebut, Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., memerintahkan Srikandi Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang melaksanakan latihan menembak di Lapangan Tembak Abdullah Meuraxa, Gampong Ie Meule, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Kamis (20/01/2022).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan latihan menembak ini bertujuan agar Prajurit Kowal Lanal Sabang mampu meningkatkan kemahiran dalam menembak pistol. Selain itu, latihan menembak adalah kemampuan dasar serta salah satu keterampilan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh setiap prajurit hingga tingkat mahir, tidak terkecuali bagi para prajurit Kowal yang dihadapkan pada rutinitas serta kesibukan tugas sehari-hari yang diemban di kesatuan, hal tersebut guna mendukung tercapainya profesionalitas keprajuritan bagi perwujudan kesiapsiagaan satuan dalam rangka mendukung setiap tugas pokok yang diembannya.

“Diharapkan dengan latihan menembak terutama menggunakan senjata laras pendek yang rutin dan terprogram bisa meningkatkan naluri tempur prajurit serta memelihara profesionalisme Komando Wanita Angkatan Laut Lanal Sabang, sebagai penunjang profesionalitas prajurit TNI Angkatan Laut dalam setiap penugasan untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Danlanal Sabang.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan latihan menembak pistol harus selalu memperhatikan dan mengedepankan faktor keamanan saat melaksanakan kegiatan menembak supaya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama dalam latihan tersebut.

Sebelum melaksanakan kegiatan latihan menembak pistol, Kowal Lanal Sabang terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk mencoba pistol yang akan digunakan dengan dibekali 3 butir peluru percobaan. Saat pelaksanaan latihan, dilaksanakan 2 cara menembak pistol yakni slow fire jarak 15 meter dengan 10 butir peluru dan rapid fire dengan 10 butir peluru yang berjarak 15 meter dalam waktu 60 detik dengan menggunakan Pistol G2 Combat.

(Pen Lanal Sabang)

#MCN/RUZMI/RED