Juli 14, 2024

TNI AL DUMAI LAKSANAKAN SAR KLM. SAMUDERA INDAH YANG TERBAKAR DI PERAIRAN PULAU MERBAU

Spread the love

Loading

Dumai,- MCN.com –Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai melalui Pos Angkatan Laut (Posal) Selatpanjang bersama Tim Search and Rescue (SAR) gabungan melaksanakan evakuasi terhadap Kapal Layar Motor (KLM) Samudera Indah GT. 88 No. 142/PPI yang terbakar disekitar perairan depan Pulau Merbau dengan titik koordinat 1°12.315N 102°36.631°E, Rabu (16/02/2022).

KLM. Samudera Indah berlayar dari Selatpanjang menuju Batu Pahat Malaysia dengan muatan 84 ton arang bakau dan 50 ton tepung sagu, dalam pelayaran pada pukul 01.00 WIB terjadi trouble pada mesin kapal yang diduga mengakibatkan mesin terbakar, kemudian api membesar sehingga kapal terbakar.

ABK yang berjumlah 8 orang berusaha menyelamatkan diri namun 2 orang diantaranya untuk sementara dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian oleh Tim SAR.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC melalui Danposal Selatpanjang Letda Laut (S) Jerry Hendra mengatakan setelah memperoleh informasi adanya kapal terbakar, anggota Posal Selatpanjang terjun langsung bergabung dengan Tim SAR Gabungan dengan menggunakan Patkamla Jemur guna percepatan SAR dan evakuasi terhadap KLM. Samudera Indah.

Sampai dengan saat ini Posal Selatpanjang bersama SAR gabungan masih melaksanakan SAR pencarian terhadap 2 ABK yang dikabarkan hilang dan terus memantau perkembangan disekitar lokasi agar tidak membahayakan kapal-kapal yang melintas.

“Dua orang yang masih dalam pencarian yaitu Kepala Kamar Mesin (KKM) Deddy Trisnawan dan Anak Buah Kapal (ABK) Zakaria”. Ujar Danposal.

Sementara itu, 6 ABK KLM. Samudera Indah yang selamat sedang dimintai keterangan dan permasalahan ditangani oleh Polairud Polres Meranti.

Hal ini sejalan dengan Perintah Harian dan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu TNI Angkatan Laut menjaga kepercayaan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi masyarakat seperti melaksanakan SAR KLM. Samudera Indah yang terbakar.

(Pen Lanal Dumai)

#MCN/RUZMI/RED