Juni 15, 2024

Atasi Kecelakaan Lalu Lintas, Prajurit Denpom Lanal Bandung Laksanakan Pelatihan Olah TKP

Spread the love

Loading

Bandung,- MCN.com – Detasemen Polisi Militer (Denpom) Lanal Bandung mengadakan latihan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan lalu lintas (laka lalin) dalam rangka HUT Pomal Tahun 2022 bertempat di Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Rabu (09/02/2022).

Olah TKP adalah salah satu fungsi teknis dalam satuan Polisi Militer yang dianggap sangat penting. Olah TKP yang baik dan benar adalah membuat suatu kasus bisa lebih mudah terdata, terbaca, dan pada akhirnya terpecahkan.

Pengungkapan sebuah kasus kriminal sudah barang tentu tidak lepas dari keberadaan TKP dan berbagai bukti yang ada terkait kejadian tersebut. Penanganan olah TKP tindak pidana umum dan laka lalin, menjadi sangat penting dikaitkan dengan perkembangan masyarakat dalam kasus kejadian. Dalam penanganan olah TKP dilakukan dengan cara meminta keterangan saksi, mengumpulkan barang bukti, mengidentifikasi, dan mendokumentasi sehingga dapat dijadikan bahan analisa sebagai bahan laporan ke pimpinan.

Pada kesempatan itu, Komandan Detasemen Polisi Militer (Dandenpom) Lanal Bandung Mayor Laut (PM) Toto Sukarto, S.H., mengatakan tujuan dilaksanakan latihan Olah TKP ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan Prajurit Denpom Lanal Bandung dalam mencari penyebab terjadinya suatu kecelakaan.

‚ÄúPelatihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih keterampilan serta meningkatkan profesionalisme Prajurit Denpom Lanal Bandung dalam hal penanganan olah TKP, Tidak lupa dalam latihan tersebut dengan mengedepankan protokol kesehatan,” ujar Dandenpom Lanal Bandung.

(Pen Lanal Bandung)

#MCN/RUZMI/RED