Juni 12, 2024

Awali Normalisasi Alur Muara Air Kantung, Primkopal Lanal Babel Gelar Syukuran dan Doa Bersama

Spread the love

Loading

Babel,- MCN.com.Primer Koperasi Angkatan Laut (Primkopal) Lanal Babel sebagai salah satu badan usaha yang memiliki IUP resmi serta mendapat restu dari nelayan juga dukungan dari Pemda setempat, dalam upaya penormalan Muara Jelitik Air Kantung menggelar syukuran dan doa bersama serta pemotongan tumpeng dan pemberian sembako kepada masyarakat nelayan bertempat di Pantai Muara Jelitik Air Kantung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jum’at, (17/12/2021).

Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Fajar Hernawan diwakili Pasintel mengatakan Alhamdulillah Primkopal sudah selesai secara administrasi untuk melaksanakan aktivitas penormalan alur Muara Air Kantung, mohon dukungan dari pemangku jabatan setempat juga mohon dukungan dari masyarakat, agar para nelayan yang beraktivitas di muara ini bisa melintas dengan aman tanpa adanya lagi masalah pendangkalan.

Dalam pengerjaan pendalam alur nantinya kami tidak akan mengganggu aktifitas nelayan, justru kami akan membantu nelayan mengatasi pendangkalan alur muara tersebut, sebagai tempat aktivitas nelayan. Sebagai insan perairan mari kita bersama-sama berjuang untuk memulihkan Muara Air Kantung.

Sedangkan perwakilan nelayan Sungailiat yang disampaikan oleh Kaling Nelayan II Sdr. Sarifudin mengatakan saya mewakili masyarakat nelayan khususnya nelayan Sungailiat memohon kepada Primkopal yang sudah ditunjuk secara resmi untuk mengatasi permasalahan pendangkalan alur Muara Air Kantung Sungailiat.

Saya berharap agar nelayan nantinya dapat melewati alur Muara Air Kantung ini dengan aman tanpa ada kendala lagi terkait pendangkalan, dikarenakan sudah bertahun-tahun alur tersebut menjadi kendala nelayan untuk beraktifitas. Kurang lebih 1700 masyarakat nelayan menderita dikarenakan alur muara tersebut mengalami pendangkalan yang tidak biasa. Hal tersebut disinyalir adanya pengusaha yang memanfaatkan momen pendangkalan, saya perwakilan masyarakat nelayan berharap agar Primkopal dapat menyelesaikan masalah pendalaman alur tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Babel diwakili Pasintel, Perwira Staf Lanal Babel, Kasatpol Air Polres Bangka, Danramil 413-06, Camat Sungailiat, Kepala PT. Samudra Gemilang Samudra, KA. PPN Sungailiat Kabupaten Bangka, Kadiv PAM PT. Timah, KA. UPTD TPI Perikanan Sungailiat, KSOP Pelabuhan Sungailiat, Kaling Nelayan II dan Perwakilan LSM HMSI Sungailiat.

(Pen Lanal Babel)

#MCN/RUZMI/RED