Juni 12, 2024

TNI AL Lanal Lhokseumawe Evakuasi ABK Kapal Ikan Dari Gabion Belawan Yang Tenggelam

Spread the love

Loading

Aceh Utara,- MCN.com -Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut Lanal Lhokseumawe melalui Pos TNI AL Idi Rayeuk bersama nelayan berhasil evakuasi Nahkoda dan ABK KM. Sumber Kharisma yang mengalami kecelakaan laut sekitr 16 NM dari daratan Peureulak, Aceh Timur.

Mendapat laporan dari masyarakat nelayan, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah memerintahkan Danposal Idi Rayeuk Aceh Timur agar segera melaksanakan SAR (Search and Rescue) terhadap ABK KM. Sumber Kharisma yang mengalami Kecelakaan di Perairan Aceh Timur.

Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin melaporkan kesiapan melaksanakan SAR dengan Patkamla Hantu Laut, namun karena cuaca ekstrim dengan kecepatan angin mencapai 25 Knot dan Gelombang setinggi 3 Meter, maka Kapal Patkamla Posal Idi Rayeuk sangat beresiko mengalami kecelakaan laut sehingga Komandan Posal berkoordinasi dengan nelayan setempat untuk menyiapkan beberapa kapal besar untuk mengevakuasi para ABK KM. Sumber Kharisma yang tenggelam.

Selanjutnya pukul 19.00 WIB, Danposal beserta 2 personel Posal Idi Rayeuk dan 2 orang nelayan menggunakan boat/kapal milik nelayan (GT 5) menuju titik koordinat terakhir para ABK KM. Sumber Kharisma yang diselamatkan oleh nelayan Idi Rayeuk an. Bapak Hasbi, setelah berhasil menemukan Tim Posal Idi Rayeuk langsung mengevakuasi para ABK KM. Sumber Kharisma ke boat/kapal (GT 5) menuju ke Pos TNI AL Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Sebelumnya para ABK dan Nahkoda KM. Sumber Kharisma menyelamatkan diri dengan cara menceburkan diri ke laut sebelum diselamatkan oleh Bapak Hasbi nelayan Idi Rayeuk, setelah berhasil menolong para ABK, boat/kapal Bapak Hasbi juga mengalami kerusakan patah kemudi akibat cuaca ekstrim.

Dalam keterangan persnya Kolonel Marinir Dian menyampaikan kronologis terjadinya kecelakaan KM. Sumber Kharisma yang tenggelam, bahwa pada hari Minggu dini hari pukul 05.00 WIB, KM. Sumber Kharisma yang sedang lego jangkar di Perairan Ujung Peureulak sekitar 16 NM dari daratan ditabrak oleh Kapal sejenis Tanker yang bergerak dari timur ke barat sehingga mengakibatkan bagian belakang KM. Sumber Kharisma mengalami retak dan bocor kemasukan air. Selanjutnya pukul 05.10 WIB, KM. Sumber Kharisma segera hidup mesin dan bergerak menuju arah daratan terdekat dengan Kecepatan 7 Knot.

Sekira pukul 12.00 WIB, kapal tidak bisa bergerak lagi karena mesin mati, kapal terapung-apung dan tidak lama kemudian tenggelam sekitar 3 NM dari daratan Idi Rayeuk, salah satu nelayan an. Bapak Hasbi menolong sembilan ABK yang sebelumnya melompat ke laut untuk menyelamatkan diri, pukul 21.30 WIB, seluruh ABK KM. Sumber Kharisma yang berjumlah sembilan orang berhasil selamat setelah dievakuasi menggunakan kapal nelayan oleh Personel TNI AL Lhokseumawe dan dibawa ke Pos TNI AL Idi Rayeuk Aceh Timur.

9 ABK KM. Sumber Kharisma yang selamat yakni Maraluddin Nasution 51 tahun (Nahkoda), Likik 48 tahun (Masinis), Ridwan Nasution 32 tahun, Parluhutan Harahap 24 tahun, Sumarsono 62 tahun, Andi Bramuli Saragi 23 tahun, Hotmauli Nababan 36 tahun, Kusmayadi 38 tahun, Deni Saputra 28 tahun, seluruh ABK merupakan warga/masyarakat Medan.

Personil maupun Alutsista TNI AL akan memaksimalkan misi kemanusiaan yang merupakan salah satu implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajarannya,” ucap Danlanal Kolonel Marinir Dian.

(Pen Lanal LSE)

#MCN/RZ/RED