April 28, 2024

Peringatan Hari Ulang Tahun Armada RI Tahun 2023 di Lanal Tarempa

Spread the love

Tarempa,- MCN.com – KepulauanAnambas, 6 Desember 2023,- Dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia tanggal 05 Desember 2023 yang mengusung tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju,” Lanal Tarempa menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan dan Upacara HUT Armada RI di Lapangan Napoleon Markas Lanal Tarempa.

Upacara Tabur Bunga di Laut dari atas Geladak KAL Pulau Siantan I.4-52 di Perairan Teluk Tarempa dan Baksos Pengobatan Massal di Desa Belibak Kampung Bahari Nusantara merupakan serangkaian kegiatan yang telah digelar sebelumnya dan dipimpin langsung oleh Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Ibni Jauhari diikuti Ketua dan Pengurus Cabang 3 Korcab IV DJA beserta seluruh Prajurit, PNS dan Pengurus Jalasenastri Lanal Tarempa, sedangkan puncak peringatan Hari Armada adalah Upacara di Lapangan Napoleon Lanal Tarempa pada Selasa tanggal 5 Desember 2023.

Dalam Upacara Peringatan Hari Armada RI Tahun 2023 di Lanal Tarempa, dibacakan Sejarah Singkat Armada TNI Angkatan Laut dan Amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E, M.M., M.Tr. Opsla., oleh Pgs. Palaksa selaku Inspektur Upacara. Dalam amanat tersebut disebutkan tantangan dan tuntutan TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dihadapkan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini.

Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non-tradisional menegaskan urgensi bahwa Prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut. Oleh karena itu, keberadaan Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan, namun juga sebagai komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas dan perannya.

(Pen Lanal Tarempa)